Pengertian Rasio Pentalan Bounce Rate dalam Google Analytics

Daftar isi: [Tampil]
Pengertian Rasio Pentalan Bounce Rate dalam Google Analytics – Bagi para blogger atau webmaster tentu sudah mendaftarkan websitenya maupun blognya ke dalam Google Analytics, bagi yang belum pernah mendaftarkan blognya ke search engine bisa membaca dulu artikelnya yaitu Cara Daftar / Submit Blog ke Search Engine.
Google Analytics sangat bermanfaat sekali bagi para webmaster blog, karena dengan berbagai fasilitas yang ada didalamnya kita bisa memonitor segala bentuk aktivitas dari blog kita. Google analytics lebih fokus terhadap analisa traffic / kunjungan ke blog kita, disana kita bisa mengetahui jumlah pengunjung kita perhari, sumbernya dari mana, serta konten apa saja yang paling sering dikunjungi.
Tetapi apakah teman – teman blogger sudah paham semua istilah yang ada didalam google analytics ? Maka dari itu pada artikel ini Lintas Berita akan membahas tentang Rasio Pentalan atau Bounce Rate seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Rasio Pentalan
Rasio Pentalan dinilai dari 0 – 100 % nilai ini sangat mempengaruhi kualitas serta posisi SERP dari blog anda atau jika sudah parah blog anda bisa menghilang dari search engine, semakin besar nilainya maka blog anda bisa dibilang buruk begitu pun sebaliknya semakin kecil nilainya blog anda bisa dibilang baik. Bahasa mudahnya Rasio Pentalan adalah pengunjung yang datang keblog anda dimana pengunjung blog anda ( dari manapun mereka berasal ) menutup / meng “close” atau menekan tombol kembali / back tidak lama setelah mereka meloading blog anda.
Ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi Rasio Pentalan yaitu diantaranya adalah :
  • Blog anda terlalu berat untuk dibuka dengan koneksi mereka ( loading lama ). Hal ini bisa dipengaruhi oleh pemasangan widget secara berlebihan pada blog anda.
  • Pengunjung tidak mendapatkan informasi seperti yang mereka inginkan, artikel yang mereka cari tidak sesuai dengan keinginan mereka.
  • Blog anda terlalu ribet untuk dibuka, hal ini bisa saja dipengaruhi oleh pemasangan iklan melayang maupun informasi lainnya yang mengharuskan para pengunjung untuk menutup iklan tersebut terlebih dahulu.
  • Penggunaan theme yang tidak sesuai, pada beberapa theme ada yang sedikit membingungkan para pengunjungnya.
Pada intinya Rasio Pentalan atau Bounche Rate adalah pengunjung tidak suka dengan blog anda sehingga mereka segera pergi dari blog anda. Situs – situs besar biasanya memiliki Rasio Pentalan dibawah 25 % artinya sebuah blog bisa dikatakan baik jika memiliki pentalan di bawah 25 % dari total pengunjungnya. Google sendiri sudah menjelaskan panjang lebar tentang Rasio Pentalan ini, penjelasannya bisa dibaca disini.
Bagaimana jika Rasio Pentalan blog anda tinggi ? Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengurangi Rasio Pentalan.
  • Buatlah Artikel atau Konten yang berkualitas, tulislah artikel sesuai dengan judulnya sehingga pengunjung blog anda tidak merasa tertipu.
  • Gunakanlah Theme yang ringan dan minimalisir penggunaan widget yang dirasa tidak perlu.
  • Buatlah artikel yang selalu berhubungan dengan artikel anda lainnya, hal ini sangat berpengaruh besar untuk mengurangi rasio pentalan.
  • Pilihlah server hosting yang berkualitas karena kecepatan server juga mempengaruhi kecepatan dalam loading website anda.
  • Pakailah plug-in yang menunjukan Artikel Terkait disetiap akhir postingan seperti yang terlihat pada website ini.
Demikianlah artikel singkat tentang Rasio Pentalan / Bounce Rate semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.