Jangan Pernah Edit Tanggal Postingan pada Blog

Daftar isi: [Tampil]
Jangan Pernah Edit Tanggal Postingan pada Blog - Dengan mengubah tanggal posting artikel yang lama menjadi kedepan. Ini bertujuan untuk membuat blog itu lebih fresh dan kita tidak perlu lagi membuat postingan baru. Tetapi taukah sobat semua apa efek samping setelah melakukan ini? Kita simak bersama-sama, ini adalah contoh permalink (link artikel) :
Jangan Pernah Edit Tanggal Postingan pada Blog

Awal (belum diedit tanggal postingan)
http://aldoseo.blogspot.com/2012/12/jangan-pernah-edit-tanggal-postingan.html

Terakhir (sesudah diedit tanggal postingan)
http://aldoseo.blogspot.com/2013/02/jangan-pernah-edit-tanggal-postingan.html

Efeknya :

Singkat saja, bagaimana kalau suatu blog diganti ganti templatenya? Maka sebagian pakar SEO akan menjawab turunnya SEO di mata google. Dalam kata lain, posisi SERP akan turun. Menurut saya, template blog seperti permalink untuk artikel. Jadi, apa yang terjadi jika permalink di ubah ubah? I think you got your own answer!

Efek lain setelah mengubah permalink, adalah errornya link link internal yang telah sobat pasang di artikel lain. Misalnya saja ada artikel B yang menautkan link internal ke artikel A dengan tanggal A1. Kemudian kita mengubah bulan artikel A dengan tanggal A2. Kemudian visitor artikel B ingin melihat link internal yang kita tanamkan yaitu artikel A dengan tanggal A1. Apa yang terjadi ketika link yang diklik tidak cocok padahal hanya karena beda bulan. Link tersebut error dan google tidak melihat itu sebagai internal link namun melihatnya sebagai broken link. Dan tahukah anda? Google tidak suka broken link!

sumber : http://kupas-ampas.blogspot.com/2013/02/jangan-pernah-edit-tanggal-postingan.html

22 comments:

  1. artikel yang menarik ,pantas saja artikel pv blog saya menurun ..
    Lain kali saya tunggu artikel menariknya

    ReplyDelete
  2. berbagi ilmu adalah hal yang sangat indah dan teruslah berbagi jangan pernah berhenti, sebagai newbie saya sangat menunggu artikel-artikel selanjutnya jangan lupa juga jika ada kesempatan di tunggu kehadirannya di blog sederhana saya,.. Salam "Blog SEO Tutorial"

    ReplyDelete
  3. wah, bahaya juga ya gan.. . mampir balik gan ;)

    ReplyDelete
  4. wah untung saya ga pernah edit tanggal postingan blog saya Kaskus Informasi ..

    minta follownya gan di blog saya, semoga setelah agan follow blog saya blog aldoseo semakin bagus saja dan terkenal

    ReplyDelete
  5. Ada perubahan yang terjadi kembali di blogger rupanya..
    Mengapa saya katakan ada perubahan kembali? Karena, sejak awal saya berkecimpung di blogger.com, saya sangat sering memantau permasalahan ini, yaitu merubah tanggal publish untuk dianalisa efek negatif dan positifnya. Selain itu, saya pun sempat terpatok pada pokok permasalahan seperti di atas, yaitu perubahan permalink.

    Sepengetahuan saya dari beberapa eksperimen pada permasalahan ini, saya tidak menjumpai perubahan permalink sedikit pun yang terjadi setelah merubah tanggal publish post. Sekarang, anda dan kupas-ampas berkata bahwa setelah merubah tanggal publish akan merubah permalink, hal ini sangat memicu saya untuk membuktikannya. Saya ucapkan terima kasih karena telah memberi saya inspirasi untuk kembali mengotak-atik blogger.. :D

    Good luck for all..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore aldoseo, saya kembali lagi untuk meluruskan dan menyampaikan hasil dari pembuktian mengenai permasalahan di atas.

      Hasilnya;
      Perubahan tanggal publish tidak akan pernah merubah permalink sedikit pun, kecuali ada perubahan yang dilakukan oleh phak blogger.com sehingga dengan merubah tanggal publish akan merubah permalink.

      Buktinya silakan cek di link berikut: http://zaezigzag.blogspot.com/2012/01/zaman-soeharto-akan-dikembalikan-nasrep.html

      Posting tersebut saya buat dan diterbitkan pada Januari tahun 2012, kemudian saya edit dan merubah tanggal publish menjadi tanggal 4 bulan maret 2013. Dan hasilnya tidak ada perubahan permalink tahun maupun bulan (/2012/01/) pada permalink posting tersebut...

      Untuk blogger lainnya, pertama, saya harap untuk tidak membuat atau menerbitkan ulang tutorial yang sifatnya menghalang-halangi blogger Indonesia memiliki kualitas kemampuan menjadi lebih baik.. kedua, saya harap untuk tdak menelan mentah-mentah tutorial menjadi patokan maupun panduan dalam melakukan aktivitas ngeblog khususnya tentang SEO..

      Delete
    2. Sebelumnya saya ucapkan mohon maaf kepada bung aldo (author aldoseo.blogspot.com) karena saya sudah banyak berkomentar di blog Anda bung.

      Tidak pernah bosan-bosannya saya mengkaji ulang permasalahan ini. Oleh karenanya, saya mencoba mengunjungi kembali blog kupas-ampas (http://kupas-ampas.blogspot.com/2013/02/jangan-pernah-edit-tanggal-postingan.html). Ternyata kupas-ampas mengambil informasi tersebut dari sebuah thread forum (ads-id.com) dari pemilik username ayead. Dan TS berkomentar pada threadnya, "Dapat pencerahan tadi via FB.. Jadi penyebabnya url berubah itu karena sempat erorr pas dipublish jadinya post masuk ke draft dan aku publish ulang. Alhasil permalinknya ikut berubah".

      Dengan begitu jelas permasalahannya, merubah tanggal penerbitan/ publish tidak akan merubah permalink..

      Terima kasih..

      Delete
  6. wah ternyata efek sampingnya lumayan juga yah sob, jadi menambah wawasan saya lagi nih tentang dunai blog ,, makasih sob :D

    ReplyDelete
  7. Ini adalah kebiasaan lama saya.
    Untung sekarang udah nggak suka ngedit tanggal posting lagi.

    ReplyDelete
  8. Wah.. Pantesan blog ane turun drastis. Thx ya gan...


    HCBN Indonesia

    ReplyDelete
  9. saya setuju dengan komentar zainal labis, tapi makasih udah share, salam kenal

    ReplyDelete
  10. Berkunjung sambil ronda keliling plus baca artikel punya bang aldo yang bagus dalam penerapan Trik Seo,memang Trik Seo Buat Blog terkadang harus difahami dengan mendasar persoalan ganti tanggal postingan kebetulan saya tak pernah lakukan tapi kalau ganti judul artikel sih serinv..hahahayyy.

    ReplyDelete
  11. Nah kalau ini saya baru tau gan. Gpp juga tanggal tdk di tampilkan, yang penting kontennya menarik gan :)

    ReplyDelete
  12. Sangat Menarik Sob ,, Izin Nyimak dlu

    ReplyDelete
  13. Baru tau kalau kalau mengedit tanggal postingan dapat merubah permalink..
    bukannya itu permanent..?
    ckckck... hati" bro jangan sampe memberikan informasi yang salah...

    ReplyDelete
  14. sebelum kasih info di coba dulu ga gan ?
    ane dah berkali kali kali kali edit tanggal postingan blog
    tapi nyatanya ga rubah
    dan karena ane penasaran ane coba lagi dan tetep permainlinknya
    kalau masalah gini maaf ya gan tapi mending di coba atau di buktikan dulu sebelum posting, dari pada yang ga tau apa apa percaya aja, dan terjerumus :v

    ReplyDelete
  15. Kayanya sekarang sudah diperbaiki oleh pihak blogger. jadi tanggalnya gx berubah :)

    ReplyDelete
  16. wah, serem jg efeknya, makasih infonya gan

    ReplyDelete

Blog ini tidak menerima komentar :
- OOT (Out of Topic)
- Pendek
- SPAM (Meninggalkan link)
- Promo

Powered by Blogger.