3 Pakar SEO Rujukan di Indonesia versi AldoSEO

Daftar isi: [Tampil]
Bagi Anda yang berminat untuk terjun ke dunia digital marketing, ada baiknya kamu memahami terlebih dulu mengenai SEO atau Search Engine Optimization. SEO merupakan sebuah cara yang dimanfaatkan secara maksimal agar suatu website atau blog dapat muncul di halaman paling awal mesin pencarian.

Teknik SEO pada umumnya diterapkan pada konten berupa artikel. Tulisan SEO friendly biasanya memiliki ciri seperti penempatan kata kunci (keyword) atau bisa pula sisipan link yang mengarah kepada artikel relevan dalam website yang sama.
optimasi SEO ala AldoSEO
Optimasi SEO ala AldoSEO

Berbicara tentang SEO, tak hanya menghubungkannya dengan penulisan artikel di website atau blog saja. Hal ini juga terkait dengan bagaimana SEO tersebut dapat menjadi senjata jitu untuk mencapai target bisnis dan pemasaran. Oleh karena itu, penting kiranya untuk mempelajari dari pakarnya langsung.

3 Pakar SEO di Indonesia

Indonesia sendiri memiliki pakar yang layak dijadikan panutan dalam memahami SEO. Mau tahu siapa saja mereka? Simak informasi lengkap berikut ini.

1. Ibrahim Vatih (vatih.com)

Nama Ibrahim Vatih mungkin terasa tidak asing lagi terdengar. Namanya sudah aral melintang di jagad dunia internet, khususnya di Indonesia. Di usianya yang cukup muda, ia sudah bisa mendirikan pesantren bernama Sintesa dan juga sangat mahir dalam bidang SEO.

Kecakapannya dalam SEO ini berhubungan dengan minat dan ketertarikannya yang sudah dimiliki sejak lama. Ibrahim Vatih mengaku bahwa ia menyukai bidang pemrograman hingga online marketing. Kesukaannya ini pun merambah ke hal lainnya dengan memperdalam website, ads, dan lingkup sejenisnya. Semua hal tersebut pun mengerucut dengan pendalaman SEO.

Dengan menyukai hal berbau SEO membuatnya menjadi lebih mudah memahaminya. Penerapan SEO yang digunakannya bisa Anda lihat di dalam websitenya yaitu vatih.com. Disana Anda akan menemukan berbagai macam artikel yang ditulis untuk dibaca oleh jutaan pengguna daring.
Jika mengunjungi beranda websitenya dan mengklik salah satu artikel, maka selanjutnya Anda akan digiring pada halaman vatih.com/bisnis/. Revorma, begitulah nama untuk lanjutan dari halaman utama tadi.

Bagian Revorma ini merupakan sebuah kolom yang dikhususkan untuk mempelajari bisnis online serta SEO sejak tahun 2010.

Artikel yang ditulis, khususnya tentang SEO, cukup mudah dicerna. Bahasanya lugas dan sederhana serta bisa dipahami oleh berbagai usia yang ingin belajar SEO.

Ada segudang artikel yang Anda butuhkan untuk bahan belajar. Artikel di kategori ini digolongkan lagi dalam menu wordpress, SEO, marketing, dan adsense. Anda juga bisa langsung mencarinya sesuai dengan kata kunci yang diinginkan pada kolom pencarian.

Bagi yang ingin mendapatkan bahan berkonten premium, tim akan membuatkan akun secara khusus. Akun ini nantinya akan digunakan pada saat ingin login untuk membaca materi yang sudah terkunci.
Konten atau Revorma premium ini memiliki materi yang berbeda dari biasanya. Modul yang diberikan sangat lengkap dan bertahap pembelajarannya. Materi dimulai dari perkenalan dasar, kata kunci, bentuk juga jenisnya, link, formula untuk memulai bisnis online dan adsense, hingga bagian yang kerap diabaikan atau dianggap sepele dalam strategi SEO.

Selain itu, di website ini juga memberikan layanan jasa PBN dan jasa SEO bagi yang tidak ingin pusing menulis artikel sejenis. Anda bisa langsung menghubungi nomor kontak yang tercantum di artikel berisi layanan jasa tersebut.

Lihat juga: Jasa Backlink PBN No.1 di Indonesia

2. Mastahseo.com

Ingin mengupas habis segala hal yang berbau SEO? Kunjungilah situs mastahseo.com untuk mempelajarinya mulai dari nol dan buta sama sekali tentang SEO hingga yang sudah mahir dalam pengerjaannya. Dialah Airul, pengelola situs mastahseo.com.

Tak hanya tentang SEO, ia pun tertarik dengan bagian digital marketing maupun kewirausahaan yang dikembangkan secara online dan dibagikan melalui media ini.

Menu SEO pada website ini berisi tentang panduan dan tips bagaimana mulai belajar hingga cara menaikkan halaman website menjadi yang terdepan. Isi tulisannya juga mudah dimengerti karena berisi poin-poin penting yang umumnya dituangkan dalam urutan bentuk daftar.

Bagi yang masih awam, beberapa istilah tertentu pasti sulit dipahami sehingga tak jarang beberapa keyword mengandung backlink. Bahkan beberapa artikel disini memiliki lebih dari satu backlink. Tak heran mengapa satu artikel akan saling berkaitan dengan yang lainnya.

Melelahkan memang, namun hal ini justru semakin memperkaya pemahaman Anda. Secara tidak langsung pun Anda telah mempelajari contoh SEO tersebut.

Selain menu yang terkait langsung dengan SEO, mastahseo.com menghadirkan kategori lainnya seperti halaman Beranda, Tentang Kami, Hubungi Kami, dan LSI Keyword Generator (alat untuk pencarian LSI atau kata kunci).

Mastahseo juga menawarkan jasa SEO dan PBN bagi yang belum mahir namun membutuhkannya dalam waktu cepat. Ada pula menu blueprint SEO yang langsung menghubungkan ke artikel terkait optimalisasi pencarian tersebut pada blog pribadi milik Airul.

Lihat juga: Panduan Menulis Artikel SEO (+On-page)

3. Aan Rofik (webhostmu.com)

Pernah mendengar situs webhostmu.com? Jika ya, tahukah Anda siapa pemilik dari situs tersebut? Sebagian mungkin berkata ya dan sisanya lagi akan menjawab dengan tidak tahu.

Situs webhostmu.com dicetuskan oleh Aan Rofik. Ia mengembangkan situs ini sebagai media pembelajaran dan penghubung kepada siapa saja yang membutuhkan informasi serta jasa seputar hosting dan web berbasis WordPress.

Tulisan yang terdapat pada menu blog di website ini cukup lengkap. Artikel tersebut rata-rata berisikan tips dan cara atau tutorial dalam mengatasi hal juga masalah terkait domain, e-mail, hingga hosting website.

Tips dan tutorial yang diajarkan cukup informatif dan gampang untuk dipraktekkan langsung. Ada pula sebagian artikel yang dimuat dengan gambar untuk menarik pembaca dan tidak membuat mudah bosan sebagai variasinya.

Berbeda dengan kedua situs dan pemilik yang sudah diuraikan sebelumnya di atas, webhostmu.com lebih berfokus dalam melayani jasa pembuatan hosting, domain, wesite, email profesional.
Harga untuk masing-masing jasa berbeda dengan beragam paket yang ditawarkan. Ada yang dilakukan pembayaran untuk per bulan atau paket mulai dari 3 bulan bahkan per tahun. Harga ini menyesuaikan dengan kemampuan si pemesan dan kegunaannya serta cakupan sektor lingkungan yang dihadapi.

Berfokus pada usaha penawaran jasa layanan yang berhubungan dengan SEO, tak serta merta dijalankan Aan Rofik dengan begitu mudah. Ia pasti dulunya memiliki jalan berliku untuk memahami SEO. Jika tidak, maka mustahil ia bisa berhasil membangun sebuah website dengan layanan hosting, domain dan semacamnya.

Aan Rofik sampai saat ini juga aktif menulis di blog pribadinya dengan konten berbau SEO, bisnis online, maupun internet marketing. Berkat bisnis online yang dikelola pada awal ia berkecimpung, rasa penasarannya tentang dunia internet marketing pun meningkat hingga akhirnya bersinggungan dengan SEO.

Ia nekat belajar sendiri hingga kemampuannya pun perlahan naik. Kini, ia pun digolongkan sebagai pakar SEO di Indonesia yang dapat memberi panduan dan solusi sehubungan dengan dunia marketing  secara online.

Siapapun akan berdecak kagum dengan kemampuan dan prestasi yang dihasilkan ketiganya. Anda juga pasti tergiur untuk menjadi seperti mereka. Ketiganya bisa menjadi contoh sukses dalam dunia digital marketing maupun bisnis online.

Yuk, segera buka browser Anda dan berselancarlah ke tiga situs mereka untuk mencari bahan yang dibutuhkan dalam mempelajari SEO. Jangan ragu pula untuk bertanya dan terus belajar. Bisa saja kelak kemampuan Anda dapat setara dengan ketiga pakar tersebut.

No comments

Blog ini tidak menerima komentar :
- OOT (Out of Topic)
- Pendek
- SPAM (Meninggalkan link)
- Promo

Powered by Blogger.